Banner

Kamis, 16 September 2010

Pengantar Akuntansi 1

Sumber belajar ini berisi bahan-bahan pelengkap bagi mahasiswa dalam menggunakan buku Akuntansi Pengantar 1. Bahan-bahan dalam media ini dapat dikopi, diperbanyak untuk kelas, dan dimodifikasi semata-mata untuk digunakan dalam belajar-mengajar dengan menggunakan buku Akuntansi Pengantar 1 oleh Suwardjono. Penggunaan di luar ketentuan di atas tunduk pada Undang-Undang Hak Cipta dan etika dalam perlindungan kekayaan intelektual. Semua file yang tersedia dalam sumber ini dapat diakses secara bebas baik dengan membuka langsung maupun mengunduh (download) file-file tersebut. Untuk membuka file-file dengan ekstensi *.xls dibutuhkan program Microsoft Excel atau program spread sheet lainnya yang dapat melakukan proses impor dari Microsoft Excel. Program dengan ekstensi xls, ppt, dan pdf dapat langsung dibuka asalkan tersedia program Excel dan PowerPoint dari Microsoft serta Acrobat Reader dari Adobe atau program yang setara. Macam-Macam Berisi berbagai bahan antara lain silabus, artikel, materi-materi, bank soal, dan sebagainya.

* Silabus
* Artikel 1 (wajib baca bagi mahasiswa baru)
* Akuntansi Perusahaan Dagang
* Jurnal Penyesuaian
* Laporan Keuangan
* Soal Pengantar Akuntansi I
* Bank soal

KERTAS KERJA Berisi sablon (template) Excel untuk mengerjakan soal-soal tertentu dalam buku Akuntansi Pengantar 1. Tidak semua soal/latihan yang ada dalam buku disediakan dalam sumber ini. Pembelajar diharapkan dapat membuat sendiri sablon-sablon serupa dengan mencontoh sablon-sablon yang disediakan. Untuk menggunakan, klik langsung pada nama file berikut ini.

* AHLITEK
* AKROPOLIS
* BANKABC
* BONAFIDE
* CEMERLANG
* HORISON
* KAMILUS
* KERINCI
* KIJANG
* MAHAKARTA
* MAHARATU
* MANINJAU91
* MANINJAU92
* MATARAM
* MENAWAN
* MINIMAN1
* MINIMAN2
* MITRAUSH
* MOGADOR
* NIKOSAE
* NYAMAN
* ONONDAGA
* POPULAR
* RAPIJALI
* SENTOSA
* SUKSES1
* SUKSES2
* SUPEX

SLIDE PowerPoint Berisi slide PowerPoint yang telah disiapkan untuk belajar atau pengorganisasi pembahasan di kelas tiap Bab dalam buku Akuntansi Pengantar 1. Semua file dalam seksi ini juga telah dikemas dalam format zip yang dapat diunduh dari sini. Untuk menggunakan, klik langsung pada nama file berikut ini.

* SlideBab01
* SlideBab02
* SlideBab03
* SlideBab04
* SlideBab05
* SlideBab06
* SlideBab07
* SlideBab08
* SlideBab09
* SlideBab10
* SlideBab11
* SlideBab12
* SlideBab13

ANDALAN Berisi dua folder (Lembar Kerja dan Program) dan beberapa file yang berisi kasus dan petunjuk mengerjakan. Folder Lembar Kerja berisi sablon lembar kerja (spread sheet) untuk mengerjakan siklus akuntansi untuk perusahaan jasa PT IKLAN ANDALAN dengan Excel. Kasus dan perintah pengerjaan juga dimuat dalam Lampiran 3 buku Akuntansi Pengantar 1. Folder Program berisi file program yang semuanya harus dikopi ke disket atau ke hard disk dalam satu folder untuk menjalankannya karena seluruh file merupakan bagian dari bahasan pemrograman.

* ANDALAN
* ANDALANF
* Program
* Kasus
* Petunjuk

JATILUHUR Sama seperti kasus PT IKLAN ANDALAN, sumber ini berisi dua folder (Lembar Kerja dan Program) dan beberapa file yang berisi kasus dan petunjuk mengerjakan. Folder Lembar Kerja berisi sablon lembar kerja (spread sheet) untuk mengerjakan siklus akuntansi untuk perusahaan jasa PT JATILUHUR dengan Excel. Kasus dan perintah pengerjaan juga dimuat dalam Lampiran 3 buku Akuntansi Pengantar 1. Folder Program berisi file program yang semuanya harus dikopi ke disket atau ke hard disk dalam satu folder untuk menjalankannya karena seluruh file merupakan bagian dari bahasan pemrograman

* JLUHUR1
* JLUHUR2
* Program
* Petunjuk

Selamat belajar dengan cara modern ini. Saya yakin dengan pendekatan sistem dan praktik komputerisasian ini, akuntansi akan menjadi lebih masuk akal dan menyenangkan.

2 komentar:

  1. mas ada kunci jawabannya juga? Kurang puas kalo misal udah ngerjain tapi ga' tau bener atau salahnya ^_^

    BalasHapus