Banner

Kamis, 16 September 2010

Pendidikan Agama Islam

Berdasarkan keputusan politik, Pendidikan Agama termasuk Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Tinggi Umum, merupakan satu-satunya matakuliah yang menjadi tanggung jawab dua departemen, yaiu Diknas (Dikti) dan Depag (Bagais). Fungsi Bagais Depag adalah : Membantu Dikti menciptakan sosok lulusan yang diidam-idamkan oleh bangsa dan tercermin. dalam UU tentang Sisdiknas tahun 2003. Dikti bertugas, mengembangkan segi keilmuan dan keterampilannya, sedangkan Bagais mengembangkan segi mental agamanya. Ditingkat Perguruan tinggi semua itu merupakan tanggung jawab Rektor sebagai pimpinan perguruan tinggi.

Berdasarkan Kepmen Diknas Nomor : 232/U/2000, menetapkan Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian hasil Belajar Mahasiswa. SK ini menjadi dasar penyelenggaraan program studi di Perguruan Tinggi yang terdiri atas (a) kurikulum inti, dan (b) kurikulum intruksional.

Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi terdiri atas (a) kelompok Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK); (b) kelompok Matakulaih Keahlian Berkarya (MKB); Kelompok Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

Berserah diri kepada Tuhan adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Agama ini termasuk agama samawi (agama-agama yang dipercaya oleh para pengikutnya diturunkan dari langit) dan termasuk dalam golongan agama Ibrahim. Dengan lebih dari satu seperempat milyar orang pengikut di seluruh dunia, menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam memiliki arti “penyerahan”, atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan (Arab: ????, All?h). Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim yang berarti “seorang yang tunduk kepada Tuhan”, atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan rasul utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah.?

Dalam materi kali ini akan membahas tentang berbagai macam hukum dan ketentuan dalam ajaran islam, semoga memberikan referensi dan bermanfaat bagi kita semua .. amieeen

Pembahasan Materi bisa di download disini.
Silabus materi Pendidikan Agama Islam bisa di download disini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar