Banner

Kamis, 26 Januari 2012

Keuangan Dalam Perusahaan



Manajemen keuangan
Keuangan (finance) meliputi tiga area yang saling berkaitan: (1) pasar finansial (pasar uang dan pasar modal), (2) investasi sekuritas, dan (3) manajemen keuangan. Area pertama dibahas khusus pada buku teks tentang pasar finansial; area kedua dibahas khusus dalam buku teks mengenai manajemen investasi. Dengan demikian, buku ini lebih menekankan pembahasannya pada area ketiga: manajemen keuangan (managerial finance/ financial management) atau kerap pula disebut keuangan korporasi (corporate finance). Pada kebanyakan buku teks manajemen keuangan, disajikan bab tentang manajemen keuangan internasional. Dalam satu dasawarsa terakhir ini, manajemen keuangan internasional atau manajemen keuangan multinasional lazim dibahas

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
Ruang lingkup manajemen keuangan sesungguhnya hanya mencakup tiga hal utama, yaitu keputusan keuangan, keputusan investasi, dan kebijakan dividen.
Keputusan Keuangan (Financial Decision)
Semua keputusan manajerial yang dilakukan untuk mencari dana. Keputusan itu tercermin pada sisi kanan neraca, yang mengungkapkan seberapa besar proporsi utang dan ekuitas suatu perusahaan. Contoh keputusan keuangan adalah menentukan berapa banyak obligasi (utang jangka panjang) yang harus ditambah dan berapa banyak saham biasa baru yang perlu diterbitkan.
Keputusan Investasi (investment Decision)
Segala keputusan manajerial yang dilakukan untuk mengalokasikan dana pada berbagai macam aktiva. Boleh juga dikatakan bahwa keputusan investasi adalah keputusan bisnis, di luar keputusan keuangan. Keputusan itu tercermin pada sisi kiri neraca, yang mengungkapkan berapa besar aktiva lancar, aktiva tetap, dan aktiva lainnya yang dimiliki
perusahaan. Contoh keputusan investasi adalah menentukan apakah aktiva tetap yang sekarang dimiliki sebaiknya diganti dengan aktiva tetap baru; apakah pembangunan gedung baru sudah layak dijalankan.
Kebijakan Dividen (Dividend Policy)
Seluruh kebijakan manajerial yang dilakukan untuk menetapkan berapa besar laba bersih yang dibagikan kepada para pemegang saham dan berapa besar laba bersih yang tetap ditahan (retanined earning) untuk cadangan investasi tahun depan. Kebijakan itu akan tercermin dari besarnya perbandingan laba yang dibayarkan sebagai dividen terhadap laba bersih (dividend payout). Contoh kebijakan dividen adalah menetapkan apakah persentase pembagian dividen saat ini perlu ditingkatkan atau tetap dipertahankan sebagaimana pada tahun sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar