Banner

Jumat, 14 Januari 2011

Profil Mengenai Kampus Unswagati Cirebon

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unswagati telah merumuskan visi dan misi yang tertuang dalam Statuta Unswagati tahun 2005. Mudah-mudahan, Unswagati ke depan menjadi sebuah lembaga pendidikan tinggi yang mempunyai pusat penelitian bertaraf nasional. Dengan disertai komitmen yang tinggi terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, maka dikembangkanlah masyarakat ilmiah yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, visi Unswagati adalah terwujudnya universitas unggulan yang mandiri dan kompetitif dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi, untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan taqwa, bermoral Pancasila, berwawasan dan berkemampuan ilmu dan teknologi serta memiliki kepemimpinan dan semangat kejuangan yang tinggi dalam mendukung pembangunan nasional.

Misi Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) adalah sebagai berikut

  1. Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia, sarana dan prasarana.
  2. Memadukan secara sinergi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, ilmu pengetahuan, teknologi, seni secara selaras, seimbang untuk diamalkan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang berbahagia di dunia dan akherat.
  3. Mempersiapkan lulusan yang mempunyai kepemimpinan (leadership) yang handal.
  4. Menyelenggarakan kehidupan kampus sebagai masyarakat ilmiah yang berkualitas berdasarkan moral Pancasila.
Dalam meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia, sarana, dan prasarana perlu diciptakan manajemen yang efektif dan efisien terhadap proses pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta membantu mahasiswa untuk berkembang menjadi ahli dan profesional sesuai dengan bidang studinya, sehingga mampu bersaing dalam setiap peluang bagi pengembangan dirinya.

Berdasarkan misi ini sebagai lembaga pendidikan tinggi, Unswagati juga harus mengembangkan dosen dan karyawannya agar mampu menjadikan dirinya berkemampuan tinggi dan memiliki daya saing global, di samping melaksanakan fungsinya yaitu

1. Menghasilkan anggota masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, berbudaya Indonesia, bertanggungjawab, bersemangat ilmiah, serta memiliki kemampuan akademik dan profesional serta sanggup berkinerja di lingkungan kerjanya serta ;

a) Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan kemampuan diri terhadap tuntutan kemajuan di bidangnya dan berperan dalam pemiliharaan dan operasional proses produksi, bagi lulusan jenjang sarjana.

b) Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapannya dalam improvisasi dan inovasi produksi, bagi lulusan jenjang pascasarjana serta memiliki semangat kemandirian serta community oriented serta berwawasan nasional dan global.

2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru, menghasilkan peneliti dan pemikir dalam memutahirkan pengetahuan dan kemampuan mereka untuk memiliki daya dalam menghimpun, mengalihkan, menyebarkan, menafsirkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat regional, nasional dan global.

3. Menyebarkan hasil penelitian terapan, kaji tindak serta paket teknologi tepat guna, untuk dimanfaatkan dalam kegiatan produktif dan meningkatkan mutu kehidupan masyarakat regional, nasional dan global.

4. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing dalam pasar kerja atau menciptakan lapangan kerja untuk kepentingan bangsa dalam tingkatan daerah dan nasional.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, UNSWAGATI perlu mengembangkan budaya yang sekurang-kurangnya mengembangkan dan memasyarakatkan nilai-nilai di bawah ini

  1. Menjunjung tinggi standar etika, moral, ilmu pengetahuan, penelitian, dan profesi yang paling tinggi.
  2. Membantu mengembangkan manusia secara optimal, baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat.
  3. Mengembangkan ilmu secara bertanggungjawab dan berkesinambungan sebagai falsafah hidup.
  4. Mengamalkan ilmu bagi kepentingan dan kesejahteraan umat manusia, tanpa membedakan agama dan suku bangsa.
  5. Memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya.
Secara institusional Universitas Swadaya Gunung Jati mempunyai tujuan untuk;

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kepribadian dan kemampuan akademik yang profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menghasilkan karya, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berguna untuk masyarakat.
  2. Menggali, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berguna bagi peningkatan kualitas hidup manusia, kesejahteraan masyarakat serta memperkaya dan mempertinggi kebudayaan nasional.
  3. Ikut serta dalam menanggulangi masalah-masalah sosial yang merupakan bagian dari pada bangsa Indonesia.
Ingin mengetahui lebih jelas tentang kampus kami bisa di lihat di situ Unswagati Cirebon silahkan klik http://unswagati-crb.ac.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar