Banner

Minggu, 11 September 2011

Penyakit Orang Indonesia

1. Orang Indonesia Maunya Instant.


Ayolah, jangan malas gan. Jangan maunya apa2 langsung jadi tanpa usaha. Selalu mengambil jalan singkat demi kepuasan & kebutuhan. Segala cara dihalalkan & penuh kepura-puraan.

2. Sifat Orang Indonesia Adalah Pelanggar Peraturan. (Cuek Peraturan)


Salah satu hal, Gw alamin sendiri di kehidupan gw. Waktu lampu merah, jalanan sepi, temen gw bilang “Ya elah, kayak bocah aje lu… Udah tancaaaappp…..” Bukan berarti kalau ada kesempatan, terus kita manfaatkan. Jangan mencari kesempatan dalam kesempitan. Apa iya patuh peraturan itu seperti anak kecil?

3. Cara Pikir Yang Pendek & Singkat.


Yang malas berpikir. Asal ketemu kasus, LANGUSNG main gerak / main ngomong, tanpa pikir panjang. Jangan hanya lihat bungkusnya, gan. Gunakan akal budi, logika, pemikiran, dan mind map. INGAT!!! Masalah itu yang nampak hanya “A”. Tapi “A” itu ada banyak. Ada AB, AC, AD, dan seterusnya. Telusuri masalah sampai semuanya terbongkar. Dan coba agan berpikir tidak hanya untuk 5 menit atau 1 jam ke depan. Berpikirlah 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, bahkan 100 tahun ke depan tentang apa yang mungkin terjadi, apa yang harus dilakukan, apa bentuk penyesalan, apa persiapanya, dan bagaimana menanggulanginya.

4. Lebih Senang Menjadi Orang Rusak.


Kenapa & apa alasanya kok jadi orang rusak itu bangga? Apa yang dibanggakan? Kenapa kena narkoba malah bangga? Kenapa jadi orang sok jagoan malah bangga? Kenapa sering bolos kok bangga? Kenapa ngelawan guru/orang tua kok dibilang sangar? Kenapa jadi preman dibilang keren? Kenapa freesex dibilang gaul? Alasan tanpa alasan: Jaman sudah modern gan.

5. Suka Menyerap Pelajaran Buruk.


Apa yang anda bayangkan dari “JEPANG” Jawaban sekarang: “Orang Jepang aja kalo pacaran pasti cipok2an, tidur2an, pokoknya cuek bangat lah.” Kenapa jawabanya bukan yang ini? “Orang Jepang kalau buang sampah itu selalu ditempatnya, kalo ga ada tong sampah kantongin dulu sampe ada tong sampah.” atau “Orang Jepang kalau ga bisa sesuatu, pasti belajar untuk bisa, ga pernah bilang MALES untuk jadi bisa” Kenapa sih yang diserap selalu hal yang bobrok? Kenapa kalau ga ada pelajaran baik ga pernah dicerna?

6. Bertingkah Dahulu, Menyesal Belakangan.


Segala sesuatu sebaiknya dipikir dulu, sebelum dilakukan. Jangan mencari aksi tanpa memakai aturan & berpikir sebelumnya. Karena Penyesalan Selalu Datang Terlambat.

7. Sulit Sadar Dan Mengakui Kesalahan Sendiri.


Sok jagoan & anak gaul jaman sekarang. Biar kesannya bernyali, berani, atau sangar. Udah tau berbuat salah, malah balik nantang. Udah salah malah ngeledek. Udah salah malah alesan. Udah salah malah ngelak. Itu menandakan bahwa orang tersebut belum mempunyai jiwa untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka perbuat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar