Banner

Sabtu, 30 Oktober 2010

5 Hal yang Bikin Konsentrasi Buyar

Temen-temen sering lupa mengerjakan tugas kuliah yang penting, meninggalkan ponsel di rumah atau berkali-kali kehilangan kunci motor? Mungkin terdengar normal, tetapi jika terjadi terus menerus dan menimbulkan kerugian pada banyak orang, sebaiknya cermati hal-hal yang ada di sekitar temen-temen semua.

Banyak hal yang membuat temen-temen semua menjadi pelupa dan sulit berkonsentrasi. Berikut lima penyebabnya, seperti dikutip dari Health.com

1. Teknologi berlebihan

Ponsel pintar yang selalu menyala, laptop, dan iPod adalah teknologi yang selalu menyita perhatian temen-temen semua. Apalagi jika temen-temen menggunakannya secara bersamaan. Karena, makin banyak temen-temen melakukan multitasking, makin sulit untuk fokus. Sebaiknya lakukan satu per satu dan jangan sampai kecanduan teknologi. Bila perlu selama satu hari temen-temen semua tak perlu menyalakan alat komunikasi.

2. Kurang tidur

Jika temen-temen semua kehilangan waktu tidur cukup banyak, akan mungkin mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi dan mengalami kesulitan melakukan pekerjaan dan menerima materi perkuliahan yang diberikan dosen. Itu merupakan reaksi normal. Dengan istirahat yang cukup, temen-temen semua bisa mengembalikan konsentrasi.

3. Ketidakpuasan pekerjaan

Lingkungan kerja yang tidak beraturan atau membosankan juga bisa membuat temen-temen semua sulit untuk fokus. Apalagi jika deskripsi mata kuliah yang tidak jelas dan membuat temen-temen semua melakukan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan.

4. Stres

Stres mengambil semua konsentrasi temen-temen semua, yang membuat pusat perhatian pada otak menjadi kurang tajam dan sulit untuk fokus. Jangan biarkan stres menguasai temen-temen, cobalah untuk mengatasinya dengan berbagai cara. Bisa dengan liburan atau meditasi.

5. Kurang olahraga

Penelitian menunjukkan, olahraga teratur membuat pikiran lebih tajam dan meningkatkan kemampuan mengingat. Jika temen-temen semua kurang olahraga, aliran darah termasuk ke area otak menjadi kurang lancar dan bisa memengaruhi konsentrasi. Cobalah lakukan olahraga ringan secara teratur, Anda bisa berjalan atau berlari pada pagi hari sebelum melaksanakan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar