Banner

Senin, 25 Oktober 2010

Tips Mendapatkan Kerja untuk Lulusan Akuntansi

1. Sebagai lulusan akuntansi harus bisa membuat minimal format neraca dan laba rugi, syukur-syukur bisa menyusun laporan keuangan. Jika kedua-keduanya tidak bisa maka muloi sekarang belajar lagi cara membuat laporan keuangan. Berdasarkan pengalaman mengikuti tes dan mengetes banyak lulusan sarjana akuntansi yang tidak bisa membuat neraca atau laba rugi walaupun tesnya cuma membuat format dari neraca atau laba rugi.
Cara belajarnya yaitu dengan latihan soal-soal tentang membuat neraca dan laba rugi. Akan percuma jika anda tahu bagaimana format neraca dan laba rugi jika anda dites untuk membuat membuat laporan keuangan dari transaksi-transaksi keuangan tidak bisa. Dengan berlatih mengerjakan soal membuat laporan keuangan semoga saja jika anda dites untuk membuat laporan keuangan anda bisa membuatnya. Pelajari juga tentang :
 Pertukaran aktiva bagaimana jurnalnya ?
 Bagaimana jurnalnya penghapusan piutang tak tertagih ?
 Akuntansi konsinyasi, akuntansi pusat dan cabang
 Rasio-rasio keuangan

2. Setidak-tidaknya anda juga harus tahu tentang pajak. Berapa tarif pajak untuk PPh badan, PPh pribadi, PPh ps. 21 dan PPN beserta jurnalnya.

3. Setelah semua tes lulus, tinggal yang terakhir tentang gaji. Berapa gaji yang anda minta ? Begitu biasanya mereka bertanya. Anda boleh menyebutkan angka tertentu tapi jangan terlalu tinggi daripada standar gaji di perusahaan tersebut, apalagi apabila anda belum punya pengalaman sama sekali. Jangan terlalu tinggi dan jangan pula terlalu rendah. Jika terlalu tinggi sudah pasti anda tidak akan diterima. Sedang jika terlalu rendah maka itu sama saja dengan merendahkan diri anda sendiri. Kalau bisa tanyalah berapa standar gaji yang berlaku di perusahaan tersebut.

4. Tips yang terakhir adalah Berdoa. Jodoh, rizki dan mati itu yang menentukan Tuhan Yang Maha Esa, kita hanya bisa berusaha untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Kalau setelah semua tes kita lalaui dengan mulus dan anda merasa dapat menyelesaikan semua tes dengan baik dan anda merasa apa yang anda kerjakan 100 % benar tapi anda tidak diterima kerja mungkin pekerjaan tersebut bukan rizki anda.

Semoga tips ini berguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar