Banner

Kamis, 04 November 2010

Tips menghadapi wawancara - II

Meski anda merasa pintar dan brilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akan terbuka secara otomatis untuk anda. Sebab kenyataannya, banyak orang yang secara intelek pintar, tetapi seringkali gagal dalam wawancara. Alasannya adalah tidak smart dan taktis dalam menjawab pertanyaan saat wawancara.

Berikut ini kami berikan beberapa pertanyaan yang kerap muncul dalam wawancara disertai jawaban yang dianjurkan.


  1. Ceritakan tentang diri anda.sampaikan saja biografi singkat. Anda harus tahu harus mulai dari mana dan berakhir dimana. Fokuskan jawaban pada hal-hal yang berhubungan dengan bidang usaha perusahaan tersebut.
  2. Mengapa anda ingin pindah kerja?, kalau anda punya alasan yang baik dan sangat positif, jangan ragu untuk menyampaikannya. Pastikan jawaban yang diberikan telah dipikir matang. 
  3. Apa yang anda ketahui tentang kami?  pelajari secara cermat segala sesuatu tentang perusahaan yang anda tuju. Jawaban yang diberikan sepenuhnya tergantung dari apa yang anda ketahui. 
  4. Apa pengalaman anda dalam bidang ini? cobalah menjawab hubungan yang pas antara pengalaman anda dengan perusahaan yang bersangkutan. 
  5. Apa yang paling anda sukai dan tidak sukai dari pekerjaan sekarang?, Sebisa mungkin hindari sisi negative. Cara aman, jawablah keduanya dengan mengatakan “ Saya sangat menyukai pekerjaan saya “. 
  6. Berapa gaji anda sekarang dan berapa yang diharapkan?, Pisahkan pertanyaan pertama dan kedua. Sebutkan gaji anda berikut tanggung jawab pekerjaan. Langkah kedua, hindari menyebut angka yang terlalu tinggi atau terlampau rendah. 
  7. Apa yang anda harapkan dari pekerjaan ini ?, Katakan anda ingin meningkatkan kontribusi pada perusahaan, menambah efisiensi kerja dan memberi kepuasan bagi diri sendiri maupun perusahaan. 
  8. Mengapa saya harus menerima anda?, Berilah jawaban singkat namun padat tentang pekerjaan dan kemampuan anda. Sebutkan kemahiran anda, lalu cocokkan dengan perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar